Program Studi Akuntansi D3

STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.

Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.

Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".

Pada Tahun 1994 jurusan Akuntansi S1 STIE Pasundan memperoleh kenaikan status akreditas menjadi "Diakui" dengan SK Mendikbud No. 37/DIKTI/KEP/1994. Tahun akademik 1994/1995 STIE Pasundan membuka Jurusan Manajemen Program S1 dengan status "Terdaftar".

Tanggal 15 Juni 1995 Status Akreditasi mengalami perubahan menjadi "Disamakan" dengan No.218/DIKTI/KEP/1995 dan untuk Diploma III dengan status "Diakui" dengan No. 204/DIKTI/KEP/1995 tertanggal 14 Juni 1995. Sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 361/DIKTI/KEP/1998 dan surat Kopertis No. 3094/O.04/PP/1998 maka pada tahun 1998 STIE Pas membuka program studi Akuntansi jenjang D.1 dan D.2

Dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, maka pemerintah melalui SK Mendikbud RI No. 0224/U/1995 membentuk Badan Akreditasi Nasional (BAN.PT) untuk melakukan akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi swasta yang bestatus Disamakan. Hasil Penilaian untuk jurusan Akuntansi S1 mendapatkan Status "TERAKREDITASI" dengan kualifikasi "C" melalui SK Mendikbud RI No. 78/D/O/1997, selanjutnya berdasarkan SK BAN PT No. 001/BAN-PT/AK-1/VII/1998.

Pada bulan Agustus 2013 Program Studi Akuntansi D3 mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B dengan SK No. 163/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dipl-III/VIII/2013.
Pada bulan Desember 2018, berdasarkan Keputusan BAN-PT No.3379/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2018, Program Studi Akuntansi D3 kembali mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B.

Download SK dan Sertifikat Akreditasi  

VISI

 “Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan Ahli Madya yang berjiwa Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Vokasi berkualitas yang berorientasi pada pembentukan  entrepreneur  dengan menggunakan kurikulum yang mutahir dan peka terhadap perkembangan Teknologi dan Industri. 
  2. Mengembangkan program penelitian dalam bidang akuntansi yang berguna bagi pengembangan entrepreneur.
  3. Memfasilitasi kajian-kajian Bidang Ilmu Akuntansi sesuai dengan Perkembangan Teknologi dan Industri.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan implementasi hasil penelitian bidang ilmu akuntansi yang berorientasi entrepreneur guna memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
  5. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
  6. Mengaplikasikan Ilmu Akuntansi sesuai dengan Perkembangan Teknologi dan Industri.
  7. Mengembangkan tatakelola dan pengelolaan administrasi yang transparan dan bertanggungjawab.
  8. Mengembangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam proses belajar mengajar yang kondusif.

(Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi)

PROFIL LULUSAN

 

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Teknisi Akuntansi Keuangan Madya

Teknisi yang mampu menguasai konsep teoritis mengenai akuntansi, mampu mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menyusun transaksi keuangan menjadi laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di perusahaan serta mampu menginterpretasikan hasil dari analisa laporan keuangan.

PL2

Entrepreneur

Profesi yang menerapkan konsep teori ekonomi di lapangan dengan membuka usaha mandiri dengan menjunjung tinggi nilai moral dan kejujuran berlandaskan nilai-nilai kesundaan dan keislaman 

PL3

Teknisi Perpajakan Madya

Profesi yang menerapkan teori perpajakan dalam membuat SSP, SPT tahunan orang pribadi maupun badan dan menginput PPN dan PPh di e-SPT

PL4

Teknisi Pemeriksaan Akuntansi Madya

Mampu membuka lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat, mampu secara mandiri untuk menjalankan usaha secara profesional, serta mampu menerapkan ilmu akuntansi pada usaha yang dijalankan 

 

 

Pengunjung

We have 73 guests and no members online

© 2016 STIE Pasundan. All Rights Reserved.