- Profil
- Hits: 13894
.gif)
Download SK dan Sertifikat Akreditasi
STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.
Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.
Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".
Pada tahun akademik 1999/2000 STIE Pas mengajukan kembali status akreditasi untuk jurusan manajemen dan akuntansi, hasilnya untuk jurusan Manajemen mendapatkan status "Terakreditasi" kualifikasi "B" dengan SK BAN PT.Depdikbud RI No. 008/BAN-PT/MJ-IV/VI/2000.
Pada tanggal 19 Mei 2007, Program Manajemen S1 Diakreditasi Kembali dengan memperoleh status terakreditasi B berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi N0. 010/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007
Pada Bulan Mei 2013 Mendaparkan status Reakreditasi dengan kualifikasi "B" dari Badan Akreditasi Nasional No. 030/SK/BAN-PT/Al-XV/S/V/2013.
Download SK dan Sertifikat Akreditasi
Visi Program Studi Akuntansi :
“Menjadi Program Studi Akuntansi yang Unggul dalam Pengembangan Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.
Misi Program Studi Akuntansi:
Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi
STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971. Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".
STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.
Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.
Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".
Pada Tahun 1994 jurusan Akuntansi S1 STIE Pasundan memperoleh kenaikan status akreditas menjadi "Diakui" dengan SK Mendikbud No. 37/DIKTI/KEP/1994. Tahun akademik 1994/1995 STIE Pasundan membuka Jurusan Manajemen Program S1 dengan status "Terdaftar".
Tanggal 15 Juni 1995 Status Akreditasi mengalami perubahan menjadi "Disamakan" dengan No.218/DIKTI/KEP/1995 dan untuk Diploma III dengan status "Diakui" dengan No. 204/DIKTI/KEP/1995 tertanggal 14 Juni 1995. Sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 361/DIKTI/KEP/1998 dan surat Kopertis No. 3094/O.04/PP/1998 maka pada tahun 1998 STIE Pas membuka program studi Akuntansi jenjang D.1 dan D.2
Dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, maka pemerintah melalui SK Mendikbud RI No. 0224/U/1995 membentuk Badan Akreditasi Nasional (BAN.PT) untuk melakukan akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi swasta yang bestatus Disamakan. Hasil Penilaian untuk jurusan Akuntansi S1 mendapatkan Status "TERAKREDITASI" dengan kualifikasi "C" melalui SK Mendikbud RI No. 78/D/O/1997, selanjutnya berdasarkan SK BAN PT No. 001/BAN-PT/AK-1/VII/1998.
Pada bulan Agustus 2013 Program Studi Akuntansi D3 mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B dengan SK No. 163/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dipl-III/VIII/2013.
Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi
Visi Program Studi Akuntansi D3 sebagai berikut:
“Menjadi Program Studi yang Unggul dalam menghasilkan Ahli Madya yang berjiwa Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.
Penjelasan makna yang terkandung dalam visi program studi tersebut dapat dipaparkan berikut ini:
1. Unggulan mengandung makana bahwa Prodi Akuntansi D3 secara terencana melaksanakan proses pembelajaran secara professional dan berkualitas yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang memiliki daya saing di bidang akuntansi yang berorientasi entrepreneur, di tingkat nasional. Dengan keunggulan ini, Prodi Akuntansi D3 diarahkan menjadi lembaga pendidikan vokasi Diploma 3 terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
2. Entrepreneur mengandung makna bahwa Prodi Akuntansi D3 dalam melaksanakan proses pemebelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat memiliki sikap yang kreatif dan inovatif. Sikap kreatif dan inovatif dilaksanakan dengan pemberian softskill sebagai hidden kurikulum pada setiap matakuliah serta optimasi peranan Pembimbing Akademik.
3. Nilai Kesundaan mengandung makna bahwa dalam melaksanakan proses pembelajaran, Prodi Akuntansi D3 STIE Pasundan berlandaskan nilai-nilai budaya Sunda serta menoleransi keragaman budaya. Melalui proses tersebut diharapkan SDM yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai budaya sunda dan mengimplementasikannya dalam melaksanakan setiap aktivitas yang berkontribusi bagi peningkatan menuju sikap yang baik bagi masyarakat.
Nilai Keislaman mengandung makna bahwa dalam melaksanakan proses pembelajaran, Prodi Akuntansi D3 STIE Pasundan berlandaskan pada nilai keislaman serta menoleransi keragaman agama. Melalui proses tersebut diharapkan SDM yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam melaksanakan setiap aktivitas yang berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Misi program studi
Misi Program Studi Akuntansi D3 merupakan refleksi dari hasil kajian tentang tantangan (Threats) dan berbagi peluang (Opportunities) dengan mengikuti perkembangan yang ada serta mengantisipasi berbagai perubahan di masa depan.
Berdasarkan hal tersebut, maka Misi Program Studi Akuntansi D3 adalah:
1. Menyelenggarakan pendidikan Vokasi berkualitas yang berorientasi pada pembentukan entrepreneur dengan menggunakan kurikulum yang mutahir dan peka terhadap perkembangan Teknologi dan Industri .
2. Mengembangkan program penelitian dalam bidang akuntansi yang berguna bagi pengembangan entrepreneur.
3. Memfasilitasi kajian-kajian Bidang Ilmu Akuntansi sesuai dengan Perkembangan Teknologi dan Industri
4. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan implementasi hasil penelitian bidang ilmu akuntansi yang berorientasi entrepreneur guna memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
5. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
6. Mengaplikasikan Ilmu Akuntansi sesuai dengan Perkembangan Teknologi dan Industri
7. Mengembangkan tatakelola dan pengelolaan administrasi yang transparan dan bertanggungjawab.
Mengembangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam proses belajar mengajar yang kondusif.
Download SK dan Sertifikat Akreditasi
Program Studi Magister Manajemen adalah program studi yang berada dibawah Program Pascasarjana STIE Pasundan dan mendapat dukungan penuh dan mempunyai komitmen kuat terhadap perkembangan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan profesi manajemen serta teknologi di dalam era globalisasi agar terwujud visi dan misi program yaitu menjadi institusi pendidikan terpercaya dan unggul, dan mampu bersaing dalam skala nasional dan global dalam rangka membangun dan mencerdaskan masyarakat sehingga dihargai secara nasional dan internasional. Untuk itu pembentukan konsentrasi diarahkan kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam rangka mengatasi permasalahan ekonomi mikro maupun makro sekarang dan waktu yang akan datang, yaitu dengan adanya konsentrasi Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Stratejik dan Manajemen Sistem Informasi.
JATIDIRI PROGRAM STUDI
Visi Program Studi Manajemen S2 :
“Menjadi Program Studi Manajemen S2 yang Unggul dalam Pengembangan Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.
Penjelasan visi:
Unggul. Program Studi berkomitmen mewujudkan lembaga sebagai institusi peyelenggara pembelajaran manajemen tingkat magister yang bermutu dan secara relatif memiliki kelebihan dibandingkan dengan lembaga sejenis di PT lain. Kebijakan ini diambil agar lulusan bisa memiliki kompetensi yang baik dan daya saing yang tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat luas dengan baik.
Misi Program Studi Manajemen S2
Berdasarkan visi di atas, maka disusun misi Program Studi Manajemen S2 sbb.:
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pembentukan entrepreneur, pengembangan keilmuan serta penerapannya secara profesional.
Mengembangkan program riset-riset bidang manajemen bagi pengembangan entrepreneur, pemecahan masalah manajerial di tingkat perusahaan, industri serta instansi pemerintah.
Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan menerapkan ilmu manajemen yang berorientasi pada pengembangan entrepreneur sesuai kebutuhan stakeholders.
Melakukan kerjasama strategis dengan instansi pemerintah dan swasta baik tingkat nasional maupun internasional.
Mengembangkan tata kelola secara efektif dan efisien untuk menciptakan suasana akademik yang beretika dan bermartabat.
We have 18 guests and no members online